LAPORAN

PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

PADA PT SEDEKAH LISTRIK

DI WEB ADMIN SEKOLAH LUAR BIASA{SLB} LENTERAH HATI

 

Disusun Oleh:

Nama : Dewi Novita Sari

NIS/NISN :

SEKOLAH MENENGAH KENJURUAN NU PESANGGARAN

PROGRAM KEAHLIAN : MULTIMEDIA

TAHUN 2021

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Industri

Judul :

Yang telah dilaksanakan oleh siswa

Nama                      : Dewi Novita Sari

NIS/NISN              :

Program Keahlian: Multimedia

Ditulis sebagai syarat kenaikan kelas dan mengikuti ujian

Nasional

Menyutujui,

Pembimbing Sekolah,                                                                                                                      Pembimbing DU/DI,

Abdul Aziz.sos                                                                                                                                     Abdul Aziz.sos

NIP.

Kepala Program Keahlian                                                                                                                Pimpinan DU/DI

Multimedia                                                                                                                                          PT Sedekah listrik

Abdul Aziz.sos                                                                                                                                     Ali Mutaha

Mengetehui,

Kepala SMK NU PESANGGARAN

Zaenal Arifin S.pd.

                                                                                         NIP

KATA PENGANTAR

         Dengan mengucapkan syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang senangtiasa melimpahkan berkah,rahmat, taufiq serta hidahyah -Nya Sehinga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri di PT SEDEKAH LISTRIK laporan ini dapat menyelesaikan laporan ini di buat berdasarkan kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan siswa selama beradadi dunia idustri. laporan ini disusun sebagai pertangung jawab siswa selama prakring dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri.

pelaksanaan prakring dapat berjalan lancar karenah adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak.Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terimah kasih kepada:

1. Bapak Zaenal Arifin Spd selaku Kepala SMK NU 1 PESANGARAN.

2.P. Aziz selaku ketua program keahlian. MULTIMEDIA.

3. P ALIMUNTAHA  Selaku Pimpinan PT / kepala kantor Sedekah listrik.

4.                       Selaku guru pembimbing selama pelaksanaan praktik kerja industri .

5. P AZIZ selaku pembimbing pada PT/ Kantor Sedekah listrik

6. Seluruh staff dan karyawan PT/ kantor Sedekah listrik

7.Dewan guru atas bimbingannya sealama penulis belajar di         SMK NU 1 PESANGARAN

8. Seluruh karyawan SMK NU 1 PESANGARAN

9.Teman- teman yang membantu hingah terselesainya laporan Peraktik Kerja Industri ini.

Penulis menyadari akan kekuranagan- kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh karenah itu penulis mengharapkan laporan ini masukan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Akhir kata penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan.  Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi semua pihak

Pesanggaran 10 Januari 2022

Dewi Novita Sari

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

pembelajaran di smk dirancang dengan pendekaatan berbasis pada kompetensi, pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. pembelajaran berbasis pada kompetesi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetyensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap [attitude],pengetahuan [knowledege] dan keterampilan [skill]. pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia industri atau kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatakkan kopetensinya melalui dunia kerja. pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegitaan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kopetensi yang dubutuhkan olh dunia kerja. pada dasarnya praktik kerja industri [prakring] adalah suatu model penyelengarakan pendidikan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Metode tersebut dilaksanakan.dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah kejuruan [SMK] Untuk mencapai relevanasi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja

Setelah melaksanakan kegiatan prakring ini diharapkan siswa dapat meningkatakan keahlian profesionalnya sehingga sesuai dengan memiliki etos kerja yang meliputi; kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam bekerja.

B. TUJUAN PRAKERIN

Penyelengaran prakring bertujuan untuk :

1. Menghasilkan tenagah kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2. Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan [Link and MATCH] antara SMK dan idustri.

3.Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenagah kerja yang berkualitas profeisonal.

4. memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses.

C. MANFAAT PRAKERIN

Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha / industri atau instanasi dilaksanakn dalam prisip saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini, pelaksanakn praktik kerja industri [ prakering] akan memberi nilai tambahan atau manfaat bagi pihak- pihak yang bekerjasama, sebagai berikut:

  1. Manfaat Bagi Industri

Penyelenggarakan Prakering memberi keuntungan nyata bagi dunia industri anatar lain:

a. Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta  prakering yang belajar dan di industri.

b. Umumnya peserta prakerin telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu peserta prakering adalah tenaga kerja yang yang memberi keuntungan

c. Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta prakering untuk kepentingan perusahaan sesuai kopetensi dan kemampuan yang dimiliki.

d. Selama proses pendidikan mealalui kerja industri, peserta prakering lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan terhadap peraturan perusahan. karenah itu, sikap peserta prakerin dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri.

e.Memberi kepuasan bagi dunia usaha/ dunia imdustri karenah diakaui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui Praktek Kerja Industri [Prakerin]

2. manfaat bagi sekolah

a. Tujuan Pendidikan memberi keahlian profesioanal bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya.

b. Terdapat kesesuaian yang lebih pas antar program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja [sesuai dengan prinsip Link and Match].

c. Memberi Keputusan bagi penyelengaraan pendidikan sekolah karenah tamantnnya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan tamataan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.

3. manfaat bagi praktikan/ peserta didik

  1. Hasil belajar peserta praktik industri akan lebih bermakna, karenah setelah tamat akan lebih bermakna, karenah setelah tamat akan betul-betil memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
  2. Keahlian profesional yang diperoleh dapat mengakat harga diri dan rasa percaya diri tamaatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan kealiaan profesioanalnya pada tingkat yang lebih tinggi

BAB II GAMBARAN PARUSAHAAN

A. Sejarah

Sejarah Pendidikan Luar Biasa Dunia. {SLB}

Pendidikan luar biasa atau PLB adalah komponen yang terdapat dalam pemberian layanan pembrlajaran khusus bagi bagi individu tertentu. pendidikan Luar biasa diberikan dengan tujuan untuk memaksimalkan pembelajaran bagi anak berkebutuan khusus. nah anda telah memahami tentang pengertian PLB, selanjutnya kita mempelajari sejarah PLB secara singkat di dunia.

pertama kali pendidikan luar biasa dikenalkan oleh jean March – Gaspard item pada tahun 1775 hinggah 1838. pendidikan luar biasa yang dilakukan oleh jean yakni memberikan pelajaran kepada vektor, seorang anak liar yang tidak  biasa membaca ,berbicara dan tidak dapat menulis. melalui pendidikan luar pendidikan luar biasa. vektor diberi pendidikan namun, jean march merasa  gagalkarena pendidikan yang diberikan kurang berhasil sehinggah vektor tidak bisa apa- apa.

B. Kedudukan dan Letak

  • jalan Simpang teluk gerajakan IIA/28 Panwanggi Blimbing Malang , Jawa Timur.

C. Prosedur Pelayanan

  • SLB : A Sekolah yang di peruntukkan bagi anak tunanetra. Merekah biasa nya memiliki hambatan dalam indra pengeliatan, sehingah indra pengeliatan sehingah strategi pengeliatan yang di berikan dalam sekolah ini harus mampu mendorong mereka memahami materi yang di berikan oleh pak guru. di SLB A ini.media pembelajaran berupa buku braille
  • SLB: B Sekolah yang di peruntukan bagi anak yang memiliki kekurangan indra pendengaran atau tunarungu. media pembelajaran yang di berikan di sekolah ini yakni membaca ujaran melalui gerakan bibir atau metode oralisme. selain itu  media lainya yakni melaluipendengaran melalui alat pendengaran implan koklea dan bantu alat mendengar.
  • SLB: C Sekolah yang ditunjukan tunagraita atau untuk individua dengan integelansiyang di bawah rata-rata serta tidak memiliki kemampuan adaptasi sehingah mereka perlu mendapat pembelajaran tentang bina diridan sosialisasi. meraka cenderung menarik diri dari lingkungan dan pergaulan.
  • SLB: D Sekolah yang di peruntukan bagi merekayang memiliki kekurangan dalam angota tubuh mereka di sebut atau tunadaksa. meliliki pendidikan SLB D bertujuaan mengembangan potensi diri siswaitu sendiri agar merka bisa mandiri dan mengurusi diri sendiri / mandiri.
  • SLB: E Sekolah yang di peruntukan bagi merka yang bertingkat tidak seralas dengan lingkungan yang ada biasa disebut dengan tuna laras. Mereka biasa nyatidak bias mengukuremosi sertas hinggah   kesulitan menjalani fungsi sosialisasi.
  • SLB: G Sekolah yang diperuntukan bagi tunganda, yakni merkayang memiliki kombinasi kelaianan. mereka biasanya mereka kurang untuk berkomunikasi, atau bahakan tidak berkomunikasi sama sekali. perkembangan dalam motorik nya terlambat, sehinggah butuh media pembelajaran yang beda untuk meningkatkan rasa mandiri anak tersebut.

bab III Pelaksanaan praktik

A Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik

  • Waktu :08.00 – 13.00
  • Temat : PKBM SANGAR PAWIYATAN

B. Bahan dan alat Alat

Bahan – google Chrome

– photo shop

– Corel DRAW

– Word

– Gambar ” di Internet

Alat Komputer

– wifi

– Mouse

– charger

C. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksaanann praktik

pendukung – Ada wifi

– tempat yang nyaman

– Wifi ganguan

– mati listrik

D. Laporan Kegiatan Harian

  • Hari pertama kita berkenalan
  • Hari kedua saya belajar membuat amplop
  • Hari ketiga membuat logo
  • Hari selanjutnya kita membuat photo shoop  dan hingga sekarang
  • hari terus berjalan kita mengisi data dan mengedit gambar
  • hari terus berjalan kita mengedit mengunakan corel draw.
  • di hari – hari berikut nya kita mengisi data – data prakerin.

bab IV Kesimpualan dan saran

Kesimpulan

PT Sedehkah listrik adalah platfom yang dibuat menyalurkan sedehkah listrik dalam pembayaran tagihan listrik pembelian Token Listrik langsung kepada penerimah manfaat selain itu kami juga menjadi wadah unttuk menerimha data dari para sukarelawan untuk memudahkan donatur menyalurkan sedehkanya secara tepat.

Selama melakukan praktik kerja lapang ada beberapa hambatan yaitu kurangnya kekompakan, wifi ganguan, mati listrik. Akanb tetapi.selama melaksakan prakering Saya mendapatkan pengetahuan, yang terkait dengan dunia kerja,sehinggah menambah wawasan mengenai dunia kerja, karenah hanya dengan praktek saya dapat mengetahui seberapah jauh kemampuan  yang sudah saya dapati di sekolah. sehinggah saat memasuki dunia kerja. saya tidak akan ragu melakukan nya, karenah sebelumnya sudah mempunyai pengalaman yang baik.   selain itu penulis dapat mengetahui tugas dilaksankan oleh masing-masing karyawan sesuai dengan bidang kerjanya.

saran

Dari hasil selama melakukan nya PRAKERIN, saya memberiakn saran agar PRAKERIN dapat dilaksankan dengan lancar dan baik kedepanya serta saya berharap.

. Kepada para peserta PRAKERIN agar mempersiapkan diri denagan menguasai pelajaran yang akan di terapkan dalam industri, agar memudahkan dalam melakukan praktek kerja lapangan.

. saya juga ingin memberikan saran kepada saran kepada pihak perusahaan trutama di plant Administrasi agar tidak perlu sungkan terhadap anak PKL, usahakan memberikan tugas asalkan dengan bimbingan terlebih dahulu sebelum tugas dilaksankan, agar hasilnya efektif dan efisien.

 

                                                                    

Leave a Reply

Your email address will not be published.