LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PADA PKBM WEB. ADMIN CONTEN MEDSOS DI SMK NU I PESANGGARAN
Disusun oleh: RESTU DEWANTO
Nama:RESTU
NiS/NISN:………………………………….
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NU PESANGGARAN
PROGRAM KEAHLIAN: MULTI MEDIA
TAHUN 2021
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan praktik kerja industri
judul :LAPORAN PRAKERIN PADA PKBM WEB. ADMIN CONTEN MEDSOS DI SMK NU I PESANGGARAN
Yang telah dilaksanakan oleh siswa
Nama :RESTU DEWANTO ADI SAPUTRA
NIS/NISN :……………………………
program keahlian
Ditulis sebagai syarat kenaikan kelas dan mengikuti ujian Nasioanal
menyetujui
pembimbing sekolah, pembimbing DU/DI,
……………………………. ………………………………
NIP.
kepala Program Keahlian pimpinan DU/DI
multi media PT/sedekah listrik
………………………… ……………………….
NIP Mengetahui
kepala SMK NU PESANGGARAN,
Zaenal Arifin S.pd.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa,yang senantian melimpahkan berkah,
rahmat, taufiq,serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industri di PT/KANTOR…………….laporan ini dibuat berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa selama berada didunia industri. laporan ini disusun sebagai pertanggungjawaban siswa selama prakerin dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri. pelaksanaan prakerin dapat berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak. pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terimakasi :
1. bapak Zaenal Arifin S.pd. selaku kepala SMK NU 1 PESANGGARAN 2. p.Aziz sekalu ketua ketua Program Keahlian multi media 3. p.Alimuntaha sekalu pimpinan PT/Kepala Kantor sedekah listrik 4. …… selaku guru pembimbingan selama pelaksanaan praktik kerja industri 5. p. Aziz selaku pembimbing pada PT/Kantor sedekah listrik 6. seluruh staff dan karyawan PT/Kantor sedekah listrik 7. Dewan guru atas bimbingannya selama penulis belajar di SMK NU 1 PESANGGARAN 8. seluruh karyawan SMK NU 1 PESANGGARAN 9.teman-teman yang membantu hingga terselesainya laporan praktik kerja industri. penulis menyadari akan kekurangan- kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh karna itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya laporan ini dimasa mendatang.Akhir kata penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan praktik kerja industri ini dapat bermanfaat bagi pihak .
pesanggaran………………..2022 penyusun
(……………………………..)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………….
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………….
KATA PENGANTAR ……………………………….
DAFTAR ISI ……………………………….
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran di SMK dirancangkan dengan pendekatan berbasis pada kompetensi,pendekatan berbasispada produksi di dunia kerja.pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didikyang mencakup aspek sikap (attitude),pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill). pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan perserta didik dapat meningkatkan kompotensinya memulai dunia kerja. pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompotensi yang dibutuhkan oleh dunias kerja.
pada dasarnya praktik kerja industri (prakerin) adalah suatu model penyelanggaraan pendidikanyang memadukan secara utuh dan terintegrasi kegiatan belajar siswa disekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui kerja langsung di lapang kerja. metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenanga kerja.
setelah melaksanakan kegiatan prakerin ini di harapkan siswa dapat meningkatkan keahlian profesionalnya sehingga sesuai dengan tuntunan kebutuhan tenaga kerja ,dan siswa juga dapat memiliki etos kerja yang meliputi: kemampuan bekerja,motivasi kerja, inisiatif, kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas , disiplin waktu,dan kerajinan dalam bekerja.
B. TUJUAN PRAKERIN
Penyelenggaraan prakerin bertujuan untuk: 1.Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja. 2.Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and match) antara smk dan industri. 3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional. 4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
C. MANFAAT PRAKERIN
Kerja antara smk dengan dunia usaha/ industri atau instansi dilaksanakan dalam prinsip saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini,pelaksanaan praktik kerja industri( prakerin ) akan memberi nilai tambahan atau manfaat bagi pihak-pihak yang berkerja, sebagai berikut :
1.Manfaaat Bagi Industri
Penyelenggaraan prakerin memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain:
a. perusahaan dapat mengenal kualitas peserta prakerin yang belajar dan bekerja di industri. b. umumnya peserta prakerin telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu pesaerta prakerin adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan. c. perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta prakerin untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki. d. selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta prakerin lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan terhadap peraturan perusahaan. karna itu, sikap peserta prakerin dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri. e. memberi kepuasan bagi dunia usaha/dunia industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui praktik kerja dunia industri ( prakerin ).
2.Manfaat Bagi Sekolah
a. Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian professional bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya. b.Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip link and match ). c. Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan sekolah karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.
3. Manfaat Bagi Praktikan/ peserta didik
1. Hasil belajar peserta praktik industri akan lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelanjutan. 2. keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebih tingkat.
BAB II GABARAN PERUSAHAAN
A.
BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN
A. waktu dan tempat pelaksanaan praktik a. waktu: 07.00 – 01.00 b. tempat: PKBM PESANGGARAN
B. Bahan dan alat a.bahan: wifi b. alat: laptop, meja, kursi
C. faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan praktik a.faktor pendukung: wfi b.faktor penghambat: gangguan pada wifi, atau pemadaman listrik, dan hujan deras