LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
PADA WEB DEVELOPER SEDEKAH LISTRIK
BANYUWANGI
Untuk memenuhi persyaratan mendapatkan nilai Praktik Kerja Lapangan
Disusun Oleh:
ABDUL AZIZ (14311834)
JURUSAN MULTIMEDIA
SMK NU 1 PESANGGARAN
BANYUWANGI
2021
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Nama : ABDUL AZIZ (14311834)
Program Studi Instansi/perusahaan | : Sistem Informasi : Percetakan Detude |
Alamat Instansi/perusahaan :
Pesanggaran
Pembimbing,
Pembibing laporan PKL Jurusan Multimedia | Pembibing lapangan Instansi/Perusahaan PKL, |
Abdul Aziz, S.Sos.I M.T. HASIM
NIK.022 14 03 15
Menyetujui,
Kurikulum SMK NU 1 Pesanggaran
Ketua,
Miftah, S.Pd
NIK. 031 02 08 02
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat dan rahmat-nya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini. Penulis Laporan PKL ini dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk mendapatkan nilai Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Jurusan Multimedia SMK NU 1 Pesanggaran. Penulis menyadari bahwa, tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, sangatlah sulit bagi penulis untuk menyelesaikan laporan PKL ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. Bapak Dr. HM.. Nasrullah Yusuf, SE.,M.B.A., selaku Rektor Universitas Teknokrat Indonesia.
2. Y. Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs., selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.
3. Rusliyawati, S.Kom., MTI., selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.
4. Purwono Prasetyawan, M.T. selaku Dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu untuk membimbing penulis menyelesaikan Laporan PKL ini.
5. Penguji Imelda Sinaga, M.M., M.S.Ak., Ak., CA.
6. Pihak Percetakan Detude yang telah banyak membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan dan juga membantu penulis dalam usaha memperoleh data yang penulis perlukan.
Akhir kata, penulis berharap semoga Allah SWT berkenan membalas segala kebaikan semua pihak yang telah membantu dan semoga Laporan PKL ini membawa manfaat.
Banyuwangi, 29 Desember 2021
Penulis,
DAFTAR ISI
Hal.
LEMBAR JUDUL………………………………………………………………………………………………… i
LEMBAR PERSETUJUAN …………………………………………………………………………………… ii
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………………………………………. iii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………………….. v
DAFTAR TABEL ………………………………………………………………………………………………… vi
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………………………………………….. vii
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………………………………………… viii
RINGKASAN PELAKSANAAN PKL……………………………………………………………………. ix
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan ………………………………………………………. 2
1.2 Maksud Dan Tujuan Praktik Kerja Lapangan ………………………………………………. 2
1.3 Kegunaan Praktik Kerja Lapangan ……………………………………………………………… 2
1.4 Tempat Praktik Kerja Lapangan …………………………………………………………………. 3
1.5 Jadwal Waktu Praktik Kerja Lapangan ………………………………………………………. 4
BAB II TINJAUAN UMUM TEMPAT PKL …………………………………………………………… 5
2.1 Sejarah Perusahaan……………………………………………………………………………………. 5
2.2 Visi dan Misi Percetakan Detude ………………………………………………………………… 6
2.3 Logo Percetakan Detude…………………………………………………………………………….. 7
2.4 Struktur Organisasi……………………………………………………………………………………. 7
2.5 Kegiatan Umum Perusahaan ………………………………………………………………………. 12
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN……………………………………. 15
3.1 Bidang Kerja…………………………………………………………………………………………….. 15
3.2 Pelaksanaan Kerja …………………………………………………………………………………….. 16
3.3 Proses Bisnis Utama Percetakan Detude ………………………………………………………. 16
3. 4 Kendala Yang Dihadapi…………………………………………………………………………….. 18
3. 5 Cara Mengatasi Kendala……………………………………………………………………………. 19
BAB IV PENUTUP………………………………………………………………………………………………. 22
4.1 Kesimpulan………………………………………………………………………………………………. 22
4.2 Saran ……………………………………………………………………………………………………….. 22
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………. 23
LAMPIRAN ………………………………………………………………………………………………………… 24
DAFTAR TABEL
Hal
Tabel 1.1 Jadwal Waktu Praktik Kerja Lapangan ……………………………………………….. 4
DAFTAR GAMBAR
Hal
Gambar 1.1 Denah Lokasi Tempat PKL ……………………………………………………………. 3
Gambar 1.2 Percetakan Detude ………………………………………………………………………… 4
Gambar 2.1 Logo Detude ………………………………………………………………………………… 7
Gambar 2.2 Struktur Organisasi ……………………………………………………………………….. 8
Gambar 2.3 BAD Prosedur cetakan yang melibatkan rekan lain untuk cetak …………. 14
Gambar 3.1 Mesin Percetakan Besar GTO ………………………………………………………… 19
Gambar 3.2 Ranking pengguna facebook di seluruh dunia…………………………………… 21
DAFTAR LAMPIRAN
Hal
Lampiran 1. Daftar Hadir PKL …………………………………………………………………………… 24
Lampiran 2. Catatan Harian PKL ……………………………………………………………………….. 25
Lampiran 3. Formulir Penilaian PKL ………………………………………………………………….. 27
RINGKASAN PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau keterampilan baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama sekolah, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama 3 bulan. Pada laporan Pratik Kerja Lapangan (PKL) ini, disajikan kegiatan pelaksanaan kerja, temuan kendala atau
masalah dan usulan solusi atau cara mengatasi terhadap kendala atau masalah yang dihadapi di Web Developer selama 3 bulan yaitu pada tanggal 23 November 2021 sampai 3 Maret 2022.
Penempatan Praktik Kerja Lapangan di Web Developer pada bagian pengelolaan website yang mempunyai masalah kurangnya peralatan yang mendukung. Dan kurangnya pemasaran pada web developer.
Prosedur penanganan gangguan atau cara mengatasi masalah yang ada adalah dengan cara pengadaan alat dan memasarkan jasa secara online dengan begitu keuntungan percetakan Detude akan semakin meningkat.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan akumulasi dari kegiatan belajar yang telah ditempuh oleh siswa di SMK NU 1 Pesanggaran. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diartikan sebagai sarana pelatihan mental, sikap, penerapan ilmu, keterampilan dan pengalaman mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang
sebenarnya. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai perusahaan dan instansi akan sangat bermanfaat bagi siswa untuk dapat melatih mental, sikap serta memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) diselenggarakan secara sistematis dan terjadwal di bawah bimbingan guru pembimbing yang memenuhi syarat. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh siswa untuk mengikuti kegiatan akhir studi Jurusan Multimedia di SMK NU 1 Pesanggaran. Praktek Kerja Lapangan ini bertujuan agar siswa dapat mengenal dunia kerja yang sebenarnya, mempraktekkan teori yang diperoleh dari sekolahan.
Penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Web Developer, Sedekah listrik merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan dan pengelolaan website, yang sedang berkembang sampai saat ini dan memiliki 6 karyawan. Pemilihan tempat pelaksanaan PKL ini dilakukan untuk mengimplementasikan teori-teori yang telah dipelajari di SMK NU 1 Pesanggaran, untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mengetahui sistem apa yang sedang berjalan di perusahaan.
Web developer adalah profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi dan website. Pilihan karir ini cukup prospektif karena semakin lama, semakin banyak perusahaan yang ingin membuat website mulai dari front end hingga back end.
1.2 Maksud dan Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Maksud dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan
dalam kerja disuatu perusahaan yaitu:
1. Siswa dapat mempelajari bidang pekerjaan yang ada di perusahaan/instansi yang belum didapat di SMK NU 1 Pesanggaran.
2. Melatih kedisiplinan, rasa tanggung jawab dan sikap profesional dalam bertugas sehingga menambah pengalaman dalam persiapan untuk terjun langsung kedunia kerja.
Tujuan diadakan pelaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) antara lain :
1. Memberikan gambaran nyata tentang penerapan atau implementasi dari ilmu atau teori yang selama ini diperoleh pada perkuliahan dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan.
2. Melatih siswa calon lulusan agar memiliki kemampuan dalam beradaptasi dengan dunia kerja.
3. Memberikan sarana pengembangan kepribadian bagi mahasiswa calon lulusan di dunia kerja.
4. Siswa dapat mengetahui produktivitas perusahaan.
1.3 Kegunaan Praktik Kerja Lapangan
Manfaat yang diperoleh setelah melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa, SMK NU 1 Pesanggaran, dan bagi instansi/perusahaan antara lain:
a. Manfaat bagi mahasiswa
1. Siswa dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh dibangku sekolah.
2. Menambah wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja.
3. Menambah dan meningkatkan ketrampilan serta keahlian didalam dunia kerja.
b. Manfaat bagi SMK NU 1 Pesanggaran
1. SMK NU 1 Pesanggaran dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL).
2. Untuk menjalin kerja sama antara instansi/perusahaan dengan SMK NU 1 Pesanggaran.
c. Manfaat bagi instansi/perusahaan
1. Membina hubungan baik dengan lembaga pendidikan/sekolah.
2. Membantu instansi/perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan.
1.4 Tempat Praktik Kerja Lapangan
Tempat Praktik Kerja Lapangan Dilaksanakan di sedekah listrik yang beralamat di Pesanggaran Banyuwangi. Berikut merupakan denah lokasi Tempat praktik kerja lapangan dengan Universitas Teknokrat Indonesia dapat dilihat pada gambar 1.1
berikut ini:
1.5 Jadwal Waktu Praktik Kerja Lapangan
Adapun waktu pelaksanaan Praktik kerja Lapangan berlangsung selama 3 bulan dari tanggal 23 November 2021 Sampai dengan 03 Maret 2022. Jam kerja yang ditetapkan pada Percetakan Detude yaitu dari hari senin sampai dengan hari sabtu pukul 08:00 s/d 13:00 WIB, Dapat
Dilihat Pada Tabel 1.1
Tabel 1.1 Jadwal Waktu Praktik Kerja Lapangan
BAB II
TINJAUAN UMUM TEMPAT PKL
2.1 Sejarah Perusahaan
Web developer adalah profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi dan website. Pilihan karir ini cukup prospektif karena semakin lama, semakin banyak perusahaan yang ingin membuat website.
2.2 Visi dan Misi Sedekah listrik
Visi Perusahaan Adalah :
Sedekahlistrik menjadi perusahaan web yang dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan produk yang berkualitas dan senantiasa meningkatkan produktivitas demi kemajuan perusahaan.
Misi Perusahaan Antara Lain :
1. Kepuasan pelanggan
Bagi kami pelanggan adalah mitra kerja dan kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan.
2. Cetakan berkualitas dan tepat waktu
Adalah cetakan yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan sesuai dengan waktu yang di inginkan oleh pelanggan.
3. Meningkatkan kemapuan karyawan
Karyawan adalah aset perusahaan dan perusaan akan selalu meningkatkan kemampuan karyawan sehingga karyawan tersebut dapat mmberikan yang terbaik untuk perusahaan, terutama untuk pelanggan dan diri karyawan sendiri.
4. Mengikuti perkembangan teknologi
Perusaan akan selalu meningkatkan kemampuan perusahaan baik secara teknik percetakan maupun manajemen perusahaan dengan cara mengikuti teknologi terkini pada bidang website.
2.3 Logo Perusahaan
Berikut ini merupakan logo dari dapat dilihat pada gambar 2.1 berikut ini:
2.4 Struktur Organisasi
Sedekah listrik adalah suatu organisasi unit bisnis yang menangani semua jenis
Tugas dan Tanggung Jawab:
1. Pimpinan
Tugas pokok seorang pemimpin yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari; merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi.
Terlaksananya tugas-tugas tersebut tidak dapat dicapai hanya oleh pimpinan seorang diri, tetapi dengan menggerakan orang-orang yang dipimpinnya. Agar orang-orang yang dipimpin mau bekerja secara efektif seorang pemimpin di samping harus memiliki inisiatif dan kreatif harus selalu memperhatikan hubungan manusiawi.
Secara lebih terperinci tugas-tugas seorang pemimpin meliputi, pengambilan keputusan menetapkan sasaran dan menyusun kebijaksanaan, mengorganisasikan dan menempatkan pekerja, mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan baik secara vertikal (antara bawahan dan atasan) maupun secara horisontal (antar bagian atau unit), serta memimpin dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan.
2. General Affair
General Affair atau bagian umum merupakan bagian dari suatu perusahaan yang bertugas untuk mendukung perusahaan dalam menjalankan operasionalnya dengan mengurusi segala urusan rumah tangga perusahaan.
Adapun tugas dari General Affair secara inti adalah :
a. Sebagai perwakilan perusahaan untuk menjalin hubungan baik kepada pihak eksternal.
b. Memenuhi semua kebutuhan operasional pada internal perusahaan, seperti penyediaan ATK untuk karyawan, pengajuan perawatan kendaraan dan lain-lain.
c. Menjaga,mendata dan merawat seluruh asset perusahaan.
d. Pengurusan dokumen-dokumen untuk kepentingan internal perusahaan.
Dengan demikian General Affair merupakan bagian yang terpenting dalam suatu
perusahaan, mereka mendukung seluruh aktifitas perusahaan agar berjalan dengan
baik.
3. Admin
Admin untuk kegiatan perusahaan memiliki tugas sebagai berikut:
a. Memantau dan menghitung seluruh kegiatan pengeluaran dan pemasukan keuangan kemudian input kedalam Blanko daily activity yang telah disiapkan di komputer staf admin.
b. Melayani setiap konsumen yang berkomunikasi/menanyakan sesuatu melalui telpon kemudian memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada konsumen sampai ia mengerti.
c. Menghandle barang masuk dan keluar kemudian memeriksa dan memberikan bukti transaksi atau nota sehingga keluar masuknya barang bisa terpantau dengan jelas.
d. Menyimpan bukti transaksi / nota serta arsip dan sample cetakan serta semua hal penting atau rahasia perusahaan.
e. Setiap akhir bulan staf admin wajib menyiapkan seluruh bukti transaksi dan Staf Admin wajib menanyakan pada pelanggan tentang tagihan tertunda dari daftar tagihan agar segera dibayar untuk memulihkan kas perusahaan kembali.
4. Printing
Bagian Printing dalam kegiatan proses bisnis perusahaan, memiliki tugas sebagai berikut:
a. Bertanggung Jawab atas kualitas dan ketepatan waktu dalam menyiapkan setting dan desain dari staff setting.
b. Bertanggung jawab atas kualitas dan ketepatan waktu hasil cetakan
c. Bertanggung jawab atas kebersihan dan kelancaran peralatan cetak yang dipegangnya.
d. Bagian printing ikut membantu pekerjaan Staf lain demi kelancaran perusahaan.