LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKERIN (PRAKTIK KERJA INDUSTRI)
DI PKBM SANGGAR PAWIYATAN BANYUWANGI,
SEBAGAI ADMIN KONTEN SOSMED PKBM SANGGAR PAWIYATAN
Disusun Oleh:FITRIANA IMELDA
Waktu Pelaksanaan
23,NOVEMBER-03 MARET
Disusun Oleh:
Nama : FITRIANA IMEILDA
NIS : 9900537
Kelas : XI-MM
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer
Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh:
Pembimbing Prakerin DU/DI Guru Pembimbing
(ABDUL AZIZ )
BANYUWANGI,23NOVEMBER 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah
ZAINAL ARIFIN
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Maksud Dan Tujuan
1.3 Tempat Dan Waktu Pelaksanaan
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
1.1 Sejarah Berdiri Perusahaan
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Dasar Teori
3.2 Cara Kerja Prakerin di Instansi Terkait
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat, rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan dan melaksanakan Prakerin di PKBM. Karena tanpa nikmat-Nya, kami pasti belum tentu bisa menyelesaikan dan melaksanakan ini dari awal hingga akhir
Dengan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Prakerin ini. Karena jika tidak ada dukungan serta bantuan dari mereka mungkin kami tidak akan bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.
Kami sadar, masih banyak kekurangan dari pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun, kami sudah melakukannya semaksimal yang kami bisa. Oleh karena itu, mohon untuk kritik dan saran yang membangun agar lebih baik kedepannya.
Semoga kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan kamu dalam Dunia Industri atau Usaha.
Pendahuluan
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
. Latar Belakang
Pembelajaran di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. Pembelajaran berbasis pada kopetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap (attitude) pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya melalui dunia kerja. Pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
Pada dasarnya Praktik Kerja Industri (Prakrin) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintergrasi kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah Kenjuruan (SMK) untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja.
Setelah melaksanakan kegiatan Prakerin ini diharapkan siswa dapat meningkatkan keahlian profesionalnya sehingga sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja, dan siswa juga dapat memiliki etos kerja yang meliputi kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam bekerja.
Maksud dan Tujuan
. Tujuan Praktik Industri
Penyelenggaraan Prakerin bertujuan untuk:
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja meiliki tingkat pengetehuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan karja.
2. Memperkokoh hubungan keterikatan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan industri.
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
C. Manfaat Praktik Industri
Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha \ industri atau instansi dilaksanakaan dalam prinsip saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama.
Berdasarkan prinsip ini, pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakrin) akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi pihak-pihak yang bekerjasama, sebagai berikut:
- Manfaat Bagi Industri
Penyelenggaraan Prakerin memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain:
a. Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta Prakerin yang belajar dan bekerja di industri.
b. Umumnya peserta Prakerin telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu peserta Prakerin adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan.
c. Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta Prakerin untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki.
d. Selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta prakerin lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan peraturan perusahaan. Karena itu, sikap peserta prakerin dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri
e. Memberi kepuasan bagi dunia usaha \ dunia industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui Praktik Kerja Industri (Prakerin).
2. Manfaat Bagi Sekolah
a. Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian profesional bagi peserta didik lebih terjamin pencapaianya
b. Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip Link and Match)
c. Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan sekolah karena tematnya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan temran, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.
3. Manfaat Bagi Praktikan/Peserta Didik
- Hasil belajar peserta Praktik Industri akan lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untukmeningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secaraberkelanjutan
- Keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya dari tamtan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebih tinggi.
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
*Sejarah Berdiri Perusahaan
BERADA DI PKBM SANGGAR PAWIYATAN PESANGGARAN ,BANYUWANGAI, JATIM
BAB III
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan Prakerin : PKBM
Waktu Pelaksanaan Prakerin :23NOVEMBER,2021-22FEBRUARI 2022
Bahan dan Alat
Bahan – Google Chrome
– Photo shop
– Corel DRAW
– Word
– Gambar” di Internet
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKERIN
. Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik
pendukung – Ada wifi
-Tempat yang nyaman
Penghambat – Kurang kompak
– Wifi gangguan
– mati listrik
Laporan Kegiatan Harian
- Hari pertama kita berkenalan
- Hari kedua saya berlajar membuat amplop
- Hari ketiga balajar membuat logo
- Hari selanjutnya belajar menggunakan Photoshop dan hingga sekarang
- hari terus berjalan berjalan mengisi data dan mengedeit gambar
ADAPUN KEGIATAN SELANJUTYA YANG SAYA LAKUKAN DI PKBM SANGGAR PAWIYATAN :
- Selasa 23/11/2021 : perkenalan
- Rabu 24/11/2021 : perkenalan aplikasi CorelDRAW
- Kamis 25/11/2021 : membuat logo
- Sabtu 27/11/2021 : melanjutkan membuat logo
- Senin 29/11/2021 : pengenalan aplikasi photoshop
- Selasa 30/11/2021 : membuat gabungan poto di aplikasi Photoshop
- Rabu 1/12/2021 : melanjutkan pengerjaan penggabungan poto di aplikasi Photoshop
- Kamis 2/12/2021 : membuat teks narasi
- Sabtu 4/12/2021 : membaca berita
- Senin 6/12/2021 : mencari contoh iklan
- Selasa 7/12/2021 : membaca iklan dan membuat pray for semeru
- Rabu 8/12/2021 : libur
- Selasa 21/12/2021 : mengisi data peerta didik SMK
- Rabu 22/12/2021 : melanjutkan mengisi data peserta didik
- Kamis 23/12/2021 : melanjutkan mengisi data peserta didik
- Senin 26/12/2021 :
- Selasa 27/12/2021 : membuat banner pkbm sanggar pawiyatan
- Rabu 29/12/2021 : membuat laporan prakerin
- Senin 3/1/2022 : melanjutkan membuat laporan prakerin
- Rabu 5/1/2022 : melanjutkan membuat laporan prakerin
8. Pembahasan
Dasar Teori
Dalam kegiatan prakerin yang telah kami lakukan selama 3 bulan dari tanggal 23,NOVEMBER 2021-03,MARET 2022 di , Jln. Pesanggaran , , . Ada banyak hal yang telah dilakukan.
Semoga adanya kegiatan prakerin ini dapat menambahkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan kami dalam jurusan MM yang kami pilih. Banyak hal yang kamu maksudkan adalah seperti berikut ini:
- Membuat bener
- Membuat logo
- Membuat slogan
- Editing .
- EDIT FOTO
BAB IV PENUTUP
PENUTUP
DEMIKIAN PELAKSANAAN PRAKERIN UNTUK SISSWA SMK NU 1 PESANGGARAN ININ DI SUSUSN UNTUK DI JADIKAN ACUAN DALAM MELAKASANANAKAN KEGIATAN PRAKERIN . DI HARAPKAN KEPADA SELURUH STAKE HOLDER SEKOLAH DAN PANITIA BISA DI LAKSANAKAN SELURURUH KEGIATAN YANG SUDAH DI PROGRAMKAN
PERBAIKAN DAN PERBAIKAN ADALAH HALNYANG YANAG MUTLAK DI PERLUKAN DALAM MELANJUTKAN . SEMOGA APA YANG KITA RENCANAKAN DAN APA YANG KITA KERJAKAN SENANTIASAMENDAPAT RIDHO DAN PERTOLONGAN DARI ALLAH SWT. AMIN YA RABBAL ALAMIN
Kesimpulan
Setelah 3 bulan kami melakukan kegiatan prakerin ini, kami banyak sekali mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta ilmu baru yang tidak pernah diajarkan di sekolah.
Karena biasanya di sekolah hanya mempelajari teori saja, namun saat melakukan prakerin kami melakukan hal itu secara langsung dan sekaligus mempraktekkan.
Kegiatan ini sangat berguna sekali untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Prakerin seperti pelengkap dalam sekolah karena kami jadi bisa siap ketika terjun ke dunia kerja.
Saran
Ketika sedang melakukan prakerin, pasti akan diajarkan langsung oleh pembimbing di perusahaan tersebut. Maka dari itu, kami selalu mempersiapkan diri dan selalu mendengarkan materi-materi yang dipelajari dan pada akhirnya mempraktikkan pada prakerin in.
Untuk adik kelas nanti yang akan melaksanakan Prakerin, tetap jaga nama baik sekolah. Karena jika nama baik sekolah menjadi buruk, akan susah untuk bekerja sama dengan perusahaan manapun dalam penerimaan siswa prakerin.